gallery/leaf

Tentang Ma'had

Judul Halaman Saya

Ma’had tahfizh Al-Qur’an Darul Munir merupakan salah satu unit program yang dibentuk oleh yayasan Assabilul Munir. Yayasan Assabilul Munir berupaya menciptakan kegiata-kegiatan yang sekiranya bisa memberikan manfaat bagi umat islam dan masyarakat yang terlibat langsung maupun secara tidak langsung. Selanjutnya, disusunlah bentuk-bentuk kegiatan yang menunjang maksud tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, yayasan memfokuskan diri pada pembinaan dan pendidikan yang berbasis pada tahfizh/menghafal Al-Qur’an. Pada tahun 2009, dibukalah program tahfizh Al-Qur’an untuk anak-anak usia dini (sekitar 6-12 tahun) yang dikemas dalam bentuk Pelatihan Menghafal Al-Qur’an (PMA) Assabilul Munir.

Setahun kemudian, dibentuk program pendidikan membaca dan menghafal Al-Qur’an untuk kalangan ibu-ibu yang ditambah dengan kajian Ulumul Qur’an dan Majlis ta’lim ibu-ibu.

Maka pada tahun 2011, yayasan melangkah lebih serius dengan mendirikan Ma’had Tahfizh Al-Qur’an Darul Munir, yang merupakan salah satu wadah untuk para remaja yang telah lulus Ma’had/SMU/SMA/SMK atau sederajat dalam menghafal Al-Qur’an 30 juz. Peserta didik juga akan dibekali keterampilan dalam bidang Teknologi Informatika dan usaha.

Kemudian, setelah program tahfizh 30 juz berjalan selama 2 tahun. Akhirnya Yayasan , memutuskan untuk merambah ke pendidikan formal setingkat SMP dan SMA guna memfasilitasi lebih banyak lagi generasi muda yang ingin menghafal Al Qur'an. Maka, pada tahun 2013 dibentuklah SMP Huffazh Darul Munir yang merupakan lembaga pendidikan formal setingkat SMP dengan memadukan 3 Kurikulum (Kurikulum Diknas, Kurikulum Diniyah, dan Kurkulum Tahfizh).

Tidak berhenti sampai disitu, setelah 3 tahun program SMP Huffazh berjalan. Pada tahun 2016, Yayasan Assabiilul Munir kemudian membentuk Program SMA Huffazh Darul Munir sebagai kelanjutan dari Program SMP Huffazh Darul Munir dengan tetap memadukan 3 kurikulum, dengan target lulusan hafal Al Qur'an 30 Juz dengan baik dan lancar.

Selain itu, yayasan juga memiliki program pendukung bagi program pendidikan. Yaitu dengan mendirikan beberapa perusahan dibidang bisnis. Diantaranya :


 - DARUL MUNIRQURBAN DAN AQIQAH

Sehingga semenjak awal yayasan berusaha membangun kemandirian dalam melaksanakan berbagai program dengan berwirausaha. 
Kemudian harapan dari yayasan dimasa yang akan datang adalah mendirikan program pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi dengan berbasis tahfizh Al-Qur’an